10 Tips Membangun Bisnis Dari Nol Agar Sukses
Tips Sukses / 10 tips membangun bisnis dari nol agar sukses
Cara Mudah Membangun Brand Agar Terkenal
3 Ide Bisnis Kecil Balik Modal Kurang Dari 1 Tahun

10 Tips Membangun Bisnis Dari Nol Agar Sukses

Tips Bangun Bisnis Dari Nol

Tips Bangun Bisnis Dari Nol ©freepik

 

Berbisnis tidak harus dimulai saaat semua sudah sempurna dan dengan modal yang besar. Banyak pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari nol bahkan dengan modal minim. Modal tidak hanya berupa uang namun modal juga dapat berupa mental, kemauan dan kemampuan untuk mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses. Apakah Anda salah satu orang yang ingin menjadi pengusaha sukses? Berikut ini adalah tips untuk memulai bisnis dari nol yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian:

1.Tentukan tujuan berbisnis

Sebelum memulai bisnis tentukan terlebih dulu tujuan Anda berbisnis, apakah karena ingin memiliki kebebasan waktu dan keuangan, menjalankan bisnis sesuai hobi atau alasan lainnya. Menentukan tujuan bisnis akan membuat Anda memiliki motivasi dan semangat saat menjalankannya.

2. Tentukan jenis bisnis dan target pasar

Setelah menentukan tujuan Anda berbisnis selanjutnya adalah menentukan jenis bisnis yang ingin Anda geluti. Anda bisa mengamati peluang yang ada. Jika sudah jelas jenis bisnisnya Anda harus menentukan siapakah target pasar Anda, pelajari tingkah laku mereka agar produk Anda tepat sasaran.  Mempelajari tingkah laku target pasar juga berguna untuk menentukan strategi pemasaran (Baca juga: trik membuat brand Anda agar terkenal).

3. Berani dan siap menghadapi resiko

Salah satu modal utama menjadi pengusaha sukses adalah berani menghadapi resiko karena dunia bisnis yang dinamis. Jika bisnis sedang surut Anda harus siap menghadapinya dan mempersiapkan strategi agar bisnis Anda bisa bangkit.

4. Kreatif

Sifat kreatif sangatlah penting dalam dunia bisnis karena Anda harus selalu berinovasi agar  tidak kalah dari pesaing Anda. Anda juga bisa menggunakan jurus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk mengembangkan bisnis Anda.

5. Mau belajar terus

Pengusaha sukses bisa mewujudkan impiannya karena mereka mau belajar terus dan tidak cepat merasa puas diri. Anda bisa belajar dari mana saja dan siapa saja, misalnya Anda belajar dari pengalaman bisnis orang lain, belajar ilmu bisnis dari buku, internet, dan sebagainya. Ada banyak sarana dan media untuk belajar.

6. Fokus

Sebelum bisnis Anda benar-benar matang dan bersistem jangan tergoda untuk membuka bisnis lain karena akan lebih baik kalau Anda fokus pada satu bisnis sampai bisnis itu berkembang.

7. Bermental baja

Saat bisnis Anda mengalami masa-masa sulit, janganlah menyerah. Jadikan kesalahan dan kegagalan sebagai pembelajaran untuk memperbaiki bisnis Anda. Untuk itulah, mental baja sangat dibutuhkan sebagai modal menjadi pengusaha sukses.

8. Open minded

Sebagai pengusaha Anda harus bersikap open minded serta mau menerima kritik dan saran dari orang lain, termasuk karyawan Anda. Jadikan kritik dan saran sebagai bahan evaluasi.

9. Kelola keuangan dengan baik

Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan untuk operasional bisnis Anda. Lakukan pembukuan untuk setiap transaksi bisnis Anda agar terlihat jelas antara pendapatan dan pengeluaran. Jika keuntungan yang Anda dapatkan sudah banyak jangan digunakan untuk foya-foya tapi gunakanlah untuk investasi.

10. Menjalin relasi

Ikutlah komunitas pengusaha untuk menambah relasi. Menjalin relasi dengan sesama pengusaha tidaklah membuat saingan Anda bertambah. Anda bisa bertukar ilmu dan berbagi pengalaman serta menjalin kerjasama dengan mereka.

Menjadi seorang pengusaha harus bekerja lebih keras daripada menjadi karyawan karena Anda adalah bos untuk diri sendiri dan orang lain. Banyak pengorbanan yang harus Anda lakukan seperti waktu dan biaya. Membangun bisnis dari nol memang bukanlah hal yang mudah tapi bisa dilakukan jika Anda mau berkomitmen tinggi untuk mewujudkannya.

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *