Cara Mudah Membangun Brand Agar Terkenal
Tips Sukses / cara mudah membangun brand agar terkenal
5 Jurus dalam Menguatkan Pondasi Bisnis Anda
10 Tips Membangun Bisnis Dari Nol Agar Sukses

Cara Mudah Membangun Brand Agar Terkenal

Cara Membangun Brand Agar Terkenal

Cara Membangun Brand Agar Terkenal ©Freepik

 

Setelah sebelumnya Anda mengetahui 10 tips membangun bisnis dari nol agar sukses sekarang saatnya memikirkan bagaimana agar brand Anda terkenal. Bagi seorang pengusaha tentulah menjadi kebanggaan tersendiri jika brand yang diciptakannya dikenal orang karena brand merupakan identitas bisnis.

Membangun brand dari kecil sampai terkenal membutuhkan proses, bisa cepat ataupun memakan waktu yang lama. Semakin Anda kreatif dalam melakukan branding di era teknologi informasi seperti sekarang semakin cepat brand Anda dikenal orang. Lalu, bagaimana cara membangun brand Anda agar terkenal? Anda bisa melakukan tips berikut ini:

1. Tentukan target pasar

Lakukan riset untuk menentukan siapakah target pasar dari produk Anda. Analisa bagaimana tingkah laku mereka. Melakukan analisa terhadap tingkah laku target pasar akan mempermudah Anda dalam menentukan harga dan strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang tepat akan membuat produk Anda laku di pasaran.

2. Tentukan keunikan produk

Setelah menentukan target pasar, tentukanlah apa yang menjadi keunikan produk Anda yang membuatnya beda dengan produk pesaing sehingga orang akan mengingat jika itu adalah produk Anda. Keunikan produk bisa dari kemasan, rasa, bahan, warna atau jika produk Anda adalah jasa keunikan bisa berupa pelayanan yang berbeda. Semakin unik produk Anda semakin mudah orang mengingat brand Anda.

3.  Buat logo yang menarik

Jika brand adalah identitas dari suatu bisnis, logo adalah gambar yang mewakilisuatu brand. Logo yang unik dan menarik juga akan membantu orang untuk mudah mengingat brand Anda. Buat desain logo yang sesuai dengan produk Anda, pilih warna, gambar, dan tulisan yang eyecatching. Anda bisa memilih warna berdasarkan karakternya dan sesuaikan dengan tema bisnis Anda. Misal Anda berbisnis kuliner maka pilih warna merah atau kuning yang secara psikologi warna merah dapat membangkitkan nafsu makan, sedangkan warna kuning memberi kesan ramah dan hangat.

4. Promosikan produk di media sosial

Saat ini banyak sekali pengguna media sosial di Indonesia dan dunia sehingga banyak pelaku bisnis yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan bisnisnya. Media sosisal juga sarana yang praktis untuk branding, biaya lebih murah daripada membuat brosur atau baliho namun jangkauan lebih luas. Anda tinggal mengisi media sosial dengan konten-konten yang menarik agar orang tertarik untuk melihat-lihat galeri Anda.

5. Menggunakan jasa influencer di media sosial

Influencer adalah orang yang terkenal di dunia media sosial. Seorang influencer bisa saja seorang selebriti atau publik figur yang sudah terkenal ataupun orang biasa yang terkenal di dunia maya. Biasanya seorang influencer memiliki banyak pengikut aktif di media sosial dan mampu mempengaruhi pengikutnya untuk memakai produk yang direkomendasikan olehnya. Anda bisa bekerjasama dengan influencer untuk menaikkan pamor dari brand Anda.

Jika Anda ingin brand yang Anda ciptakan terkenal maka Anda harus bersiap untuk berjuang dalam mewujudkannya. Anda bisa memulai dari hal-hal tersebut di atas. Lakukanlah dengan konsisten dan pantang menyerah! Hal yang besar selalu dimulai dari hal-hal kecil.

 

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *