Customer Relations Sebagai Pilar Kesuksesan Bisnis
Tak Berkategori / customer relations sebagai pilar kesuksesan bisnis
Drive dimatikan, Google tawarkan dua layanan yang lebih canggih
Efisiensi Kerja dengan Sistem Informasi

Customer Relations Sebagai Pilar Kesuksesan Bisnis

Tidak dapat dipungkiri lagi jika customer memiliki peranan yang sangat penting bagi berlangsungnya bisnis perusahaan. Customer sendiri dapat diibaratkan sebagai “api” bagi perusahaan dimana dapat menjadi alat marketing yang ampuh dengan kemampuan word of mouth nya serta dapat juga menjadi petaka ketika ia mengungkapkan kekecewaanya terhadap perusahaan ke public sehingga tercipta image negatif. Oleh karena itu membangun hubungan antara perusahaan dengan customer merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan.

Membangun customer relations merupakan salah satu langkah besar bagi perusahaan menuju kesuksesannya. Customer relation yang baik akan menciptakan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan karena pelanggan akan dekat dan merasa diperhatikan oleh perusahaan. Dengan terciptanya loyalitas maka perusahaan akan lebih mudah menawarkan produk ataupun jasanya kepada pelanggan.

Untuk menciptakan customer relation tersebut maka perusahaan harus peka terhadap berbagai informasi mengenai pelanggan seperti kepuasan pelanggan maupun customer habbit sehingga perusahaan dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Memang tidak mudah untuk memahami informasi pelanggan yang berbeda-beda terlebih apabila jumlah pelanggan sangat banyak. Olehkarena itu banyak perusahaan besar saat ini mulai berinvestasi besar dengan mengembangkan system guna mengelola customer relation atau seringkali disebut dengan system Customer Relationship Management.

Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah system yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola berbagai informasi mengenai pelanggan secara detail dan rinci serta merekam berbagai interaksi antara pelanggan dengan perusahaan. Dibangunnya system ini bertujuan untuk mempermudah perusahaan dalam meningkatkan hubungannya dengan pelanggan sehingga tercipta loyalitas.

 

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *