Drive dimatikan, Google tawarkan dua layanan yang lebih canggih
Tak Berkategori / drive dimatikan google tawarkan dua layanan yang lebih canggih
Membangun Brand di Era Melek Teknologi
Customer Relations Sebagai Pilar Kesuksesan Bisnis

Drive dimatikan, Google tawarkan dua layanan yang lebih canggih

Baru-baru ini, Google resmi umumkan akan tutup layanan Drive. Penutupan ini dilakukan secara bertahap, mulai dari layanan berbasis dekstop yang tidak akan lagi mendapat dukungan Google mulai 11 Desember 2017, dan pada 12 Maret 2018 layanan Drive akan dimatikan sepenuhnya.

Google mengatakan pada bulan November 2017 pengguna layanan Drive berbasis dekstop akan mulai mendapat pemberitahun bahwa file mereka akan menghilang. Bagaimana dengan data pengguna yang terlanjur menggunakan Drive untuk menyimpan data mereka? Tenang saja Guys, sebagai ganti layanan Drive ini, Google sudah mempersiapkan layanan yang berfungsi serupa bahkan memiliki banyak kelebihan dibanding Drive.

Yang pertama, Google menawarkan layanan baru yaitu Backup and Sync. Layanan ini merupakan penyimpanan berbasis cloud yang diklaim dapat menyinkronkan data pengguna. Backup and Sync akan menjadi layanan penyimpanan online yang efektif untuk digunakan berbagai perangkat, termasuk pengguna smartphone juga akan menikmati layanan ini karena dapat mengurangi penggunaan storage.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan fitur Backup and Sync diantaranya : memiliki daya penyimpanan awan (cloud) lebih besar dibandingkan Drive, memungkinakan pengguna untuk memilih folder apapun untuk dibackup dan sinkronisasi, sekaligus juga bekerja seperti aplikasi Google Photos Desktop Uploader, memungkinan pengguna untuk backup foto unlimited dengan opsi High Quality tanpa mengurangi kuota storage di cloud. Dengan demikian perangkat hanya akan menjadi alat untuk mengambil, membuat dan membagikan file. Saat ini, layanan ini sudah tersedia untuk platform Windows dan MAC.

Layanan kedua yang ditawarkan oleh Google adalah Drive File Stream. “Drive File Stream adalah aplikasi desktop baru yang memungkinkan Anda mengakses semua file Google Drive secara cepat sesuai permintaan, langsung dari komputer Anda dan menghemat waktu saat file akan disinkronkan,” (inet.detik.com). Fiturnya hampir mirip dengan Backup and Sync, akan tetapi Drive File Stream dirancang khusus untuk keperluan bisnis. Fitur dan kemampuannya jauh di atas versi komersial. Layanan Drive File Stream baru akan diluncurkan Google pada akhir bulan ini tepatnya pada tanggal 26 September 2017. Kita tunggu ya fitur apa saja yang ditawarkan Drive File Stream.

Written by Afrillia / geekgarden.id

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *