Efisiensi Kerja dengan Sistem Informasi
Solusi Bisnis / efisiensi kerja dengan sistem informasi
Customer Relations Sebagai Pilar Kesuksesan Bisnis
ERP, Solusi Bisnis di Era Modern

Efisiensi Kerja dengan Sistem Informasi

 

Perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini tidak hanya dapat dinikmati untuk memenuhi kebutuhan individu saja. Kemajuan teknologi informasi kini juga telah dirasakan oleh perusahaan. Dengan memanfatkan teknologi informasi perusahaan mampu menciptakan efisiensi kerja. Hal tersebut yang kemudian menimbulkan dampak besar dalam berlangsungnya hidup perusahaan karena semakin produktifitasnya kerja.

 

Sistem Informasi adalah salah satu produk perkembangan teknologi informasi, yaitu sebuah system yang dapat membantu perusahaan dalam menjalankan operasionalnya. Pemanfaatan system informasi oleh perusahaan kini telah menjadi indikator majunya sebuah perusahaan dimana penggunaanya merupakan bentuk kesadaran akan pentingnya pengelolaan informasi.

 

Dalam menjalankan perannya, Sistem Informasi memiliki tugas untuk menyajikan informasi-informasi penting bagi manajemen yang dapat digunakan sebagai dasar dalam penentuan keputusan. Penggunaan system informasi juga dapat meningkatkan produktifitas dan memaksimalkan hasil pekerjaan dari sumber daya manusia karena kemudahan dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh Sumber daya manusia. Saat ini telah system informasi talah dapat diimplementasikan kedalam beberapa bidang berdasarkan fungsinya seperti:

 

  • Sistem Informasi Management

Implementasi Sistem Informasi dalam level managerial yang berfungsi memberikan informasi dan data terkait fungsi manajemen, operasional serta pengambilan keputusan.

 

  • Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi yang dimanfaatkan oleh bagian akuntan perusahaan yang menyajikan informasi atau data terkait dengan aktifitas keuangan perusahaan seperti data keuangan, kondisi keuangan perusahaan dan sebagainya.

 

  • Sistem Informasi Manufaktur

Sistem informasi yang ditujukan untuk bagian produksi yang memuat informasi mengenai aktifitas produksi seperti hasil produksi, biaya produksi, produk yang keluar kepasaran dan aktifitas produksi yang lainnya.

 

  • Sistem Informasi Pemasaran

Sisitem informasi ini digunakan oleh bagian pemasaran guna menyampaikan dan menyajikan data ataupun informasi yang berkaitan dengan aktifitas pemasaran sebuah perusahaan seperti jumlah produk terjual, produk yang terlaris, produk kurang diminati, metode pemasaran hingga respon pasar terhadap produk.

 

  • Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem informasi yang digunakan oleh bagian personalia dan human resources. Sistem informasi ini membantu dalam menyajikan data mengenai kinerja karyawan, kinerja karyawan, acuan dalam proses rekruitmen hingga dalam penentuan gaji yang akan diberikan kepada karyawan.

 

  • Sistem Informasi Eksekutif

Implementasi Sistem informasi yang digunakan oleh jajaran eksekutif perusahaan. System informasi ini memuat data atau informasi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu, kinerja dari level manajerial perusahaan, kondisi keuangan perusahaan, lingkungan kerja dan budaya perusahaan hingga data mengenai nilai perusahaan dalam bursa saham.

 

Berdasarkan berbagai fungsi dan manfaat diatas, Sistem informasi telah cukup efektif dalam menciptakan efektifitas kerja didalam perusahaan karena telah banyak memberikan kemudahan.  Oleh karena itu penting bagi sebuah perusahaan untuk memanfaatkanya. Apakah perusahaan anda juga telah memanfaatkannya?

 

#geekgarden #softwarehouse #sisteminformasi

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *