Lakukan Hal Ini Agar Keuangan Anda Tidak Bocor!
Tips Keuangan / lakukan hal ini agar keuangan anda tidak bocor
10 Kiat Sederhana Raih Sukses Di Usia Muda
Sistem Informasi dalam Berbagai Bidang

Lakukan Hal Ini Agar Keuangan Anda Tidak Bocor!

cara menghemat gaji

Ilustrasi Tips Mengelola Keuangan©freepik

 

Kadang tanpa disadari Anda telah menghabiskan terlalu banyak uang apalagi di saat baru saja mendapatkan gaji. Oleh karena itu, mengelola keuangan pribadi sangatlah penting. Salah satu tujuan mengelola keuangan adalah agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan. Jika sampai pengeluaran lebih besar, anda mungkin harus meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan dan akhirnya memiliki hutang di sana-sini.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengelola keuangan pribadi:

1. Menabung

Biasakan diri untuk menabung dari sekarang karena ini akan berguna jika suatu saat anda menghadapi masalah keuangan. Jika anda menginginkan sebuah barang yang hanya akan dipakai sekali atau 2 kali saja, sebaiknya hindari membeli tetapi meminjam atau menyewanya saja.

2. Mencari asuransi

Anda tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan uang yang sangat banyak. Oleh sebab itu sangat disarankan agar anda mencari asuransi yang mampu menjaga keuangan anda di masa-masa krisis.

3. Memakai kartu kredit

Banyak orang tidak menyarankan pemakaian kredit card karena ini justru akan menyebabkan pemborosan. Namun pada dasarnya, orang yang sudah terbiasa berhemat biasanya tidak mengalami masalah saat memegang kartu kredit.

4. Membuat pembukuan

Buatlah pembukuan tentang jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Dengan cara ini anda bisa tahu mana yang lebih utama. Jika jumlah pengeluaran jauh melebihi pemasukan, sudah saatnya anda mengelola keuangan dengan lebih baik.

5. Sisihkan uang setiap hari

Berapapun jumlah uangnya, jika dikumpulkan pasti akan menjadi banyak. Misalnya setiap hari anda berbelanja dan menerima kembalian. Simpan saja kembalian tersebut ke dalam celengan.

Membelanjakan uang memang terasa menyenangkan saat kita memiliki banyak uang namun jangan sampai Anda tidak menyadari bocor kemana saja penghasilan Anda. Meskipun terlihat sederhana dan mudah, dengan melakukan kelima hal di atas dapat mengontrol pengeluaran Anda. Selamat mencoba!

 

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *