Benarkah Bisnis Zaman Sekarang Harus Punya Website? Buat Apa?
Teknologi Informasi / manfaat website bagi bisnis
Haruskah Ada Pemisahan Keuangan Pribadi dan Bisnis?
Cara Elegan Menghadapi Komplain Konsumen

Benarkah Bisnis Zaman Sekarang Harus Punya Website? Buat Apa?

 

Manfaat Website Bagi Perusahaan dan Bisnis Online

Manfaat Website Bagi Perusahaan dan Bisnis Online (freepik)

Di era digital seperti saat ini hampir setiap orang memiliki smartphone dan mengakses internet. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa pada tahun 2017, seperti dilansir oleh laman Kompas. Angka tersebut meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya, yakni tahun 2016 yang tercatat mencapai 132,7 juta jiwa.

Bagi pelaku bisnis, baik itu perusahaan ataupun UKM melihat data tersebut sebagai sebuah peluang bagus untuk memasarkan produknya. Maka tak heran jika saat ini bisnis online mulai menjamur.

Baca juga: Jurus Jitu Meningkatkan Penjualan Di Era Digital

Jika dahulu membutuhkan sewa ruko dan kantor untuk menjalankan suatu bisnis, saat ini sudah berubah karena semua bisa dilakukan secara online dengan website. Anda tak perlu sewa ruko untuk menjual produk Anda. Bahkan ada juga perusahaan yang tidak memiliki kantor yang luas tapi bisnisnya berjaya di internet. Wow!

Zaman sekarang website bisa dikatakan sebagai kantor ataupun toko online. Tampilan website yang menarik dan profesional ibarat kantor megah atau toko yang besar jika di dunia offline.

Lalu seberapa penting website bagi kelangsungan bisnis Anda? Berikut ini manfaat website bagi perusahaan dan bisnis online.

1. Sebagai media promosi 24 jam

Website tidak pernah tutup layaknya kantor ataupun toko offline. Dengan website orang dapat mengakses dan menggali informasi tentang bisnis Anda kapanpun dan dari manapun selama 24 jam!

Jika Anda memiliki website toko online, konsumen dapat berbelanja melalui website tanpa harus datang lansung ke toko Anda. Jangkauan promosi Andapun akan semakin luas karena website bisa diakses oleh orang dari seluruh dunia.

2. Menghemat biaya

Mungkin Anda berpikir bahwa biaya membuat website mahal. Namun tahukah Anda bahwa investasi dalam pembuatan website lebih murah dibandingkan biaya sewa kantor atau ruko? Untuk membuat website profesional Anda memang membutuhkan biaya yang lebih namun biaya ini hanya terjadi di awal pembuatan saja. Selanjutnya Anda hanya tinggal membayar biaya perawatan yang lebih murah daripada biaya sewa kantor atau ruko tahunan. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi bisnis Anda.

Baca juga: Cek Apakah Kondisi Keuangan Bisnis Anda Sehat?

3. Meningkatkan kredibilitas

Bisnis yang memiliki website akan dipandang lebih meyakinkan dan profesional karena konsumen atau klien zaman sekarang lebih suka menggali informasi melalui internet. Konsumen sekarang juga lebih jeli dan cenderung lebih percaya pada website yang tampilannya terlihat profesional daripada website yang ala kadarnya.

4. Sebagai portofolio

Anda bisa menampilkan semua produk atau jasa yang Anda miliki beserta informasi lengkap tentang produk tersebut pada website. Hal ini tentu lebih hemat daripada membuat brosur. Lakukanlah optimasi agar banyak yang berkunjung ke website Anda.

5. Membangun branding

Branding sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis Anda. Saat orang membutuhkan suatu produk atau jasa dan langsung mengingat perusahaan Anda maka Anda telah berhasil menciptakan branding. Untuk menciptakan branding melalui website desainlah website yang mencirikan bisnis atau perusahaan Anda.

6. Memberikan informasi yang up to date

Jika Anda sudah memilki website buatlah konten-konten yang menarik dalam website untuk meningkatkan pengunjung. Anda bisa mengisi website dengan artikel yang bermanfaat bagi target pasar sehingga mereka akan sering berkunjung ke website. Jangan lupa untuk menambahkan tombol share di bawah artikel agar bisa dishare ke media sosial sehingga berpotensi menarik pengunjung baru.

Setelah mengetahui manfaat website bagi bisnis apakah Anda berkeinginan untuk memiliki website? Percayakan desain website bisnis Anda kepada GeekGarden Software House yang telah berpengelaman selama 10 tahun dalam pembuatan aplikasi website, android, dan iOS.

 

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *