5 Jurus dalam Menguatkan Pondasi Bisnis Anda
Tips Sukses / menguatkan pondasi bisnis sukses
5 Tips for Managing Small Business Finance
Cara Mudah Membangun Brand Agar Terkenal

5 Jurus dalam Menguatkan Pondasi Bisnis Anda

tips bisnis sukses

Bisnis Sukses (freepik)

 

Bisnis dalam ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Untuk bisa menjadi pebisnis yang baik dan sukses kita harus bisa memanfaatkan segala sumber daya yang ada dan menjadikannya sebagai sesuatu yang bernilai.

Jangan salah, beberapa bisnis yang sekarang sudah besar seperti Microsoft saja dimulai dari garasi mobil dengan modal yang seadanya. Namun, banyak pengusaha kecil mulai merintis bisnis seringkali mengeluh serta menyalahkan diri atau bahkan rekannya sendiri ketika kalah dalam persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini. Untuk menghindari atau mengecilkan risiko itu, kita harus memerhatikan beberapa hal agar dapat memenangkan persaingan pasar, seperti :

  1. Terus gali ilmu tentang bisnis

Sumber pengetahuan bisnis bisa didapatkan dari seminar bisnis atau forum pengusaha muda. Terlebih kini akses informasi melalui internet sangat mudah. Bagaimana kita memulai bisnis, membuat rencana sederhana, merancang marketing yang tepat, branding, pengemasan, distribusi produk, hingga hal yang sederhana sangat penting dalam memahami bisnis itu sendiri.

  1. Luaskan pasar dan distribusi

Faktor yang tidak kalah pentingnya ketika berbisnis ialah lokasi berbisnis dan distribusi produk hingga sampai ke konsumen. Pengusaha pemula sebaiknya mengembangkan pemasaran dan branding secara online ke semua media sosial dan media pemasaran internet termasuk menggunakan platform toko online dengan begitu kita dapat memasarkan produk tanpa batasan geografis. Untuk membuat toko online Anda perlu menggunakan website agar bisnis Anda terlihat lebih profesional serta lebih mudah untuk menampilkan katalog dan informasi tentang produk Anda. Pembeli juga bisa membeli langsung dari website Anda sehingga lebih praktis tanpa harus menghubungi dan menunggu respon dari penjual.

Anda bisa membuat website untuk bisnis melalui Geekgarden Sofware House. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan website dengan dana yang akan Anda gunakan. Geekgarden Sofware House dapat membuatkan website sesuai dengan permintaan dan kebutuhan Anda (custom website).

  1. Modal dengan manajemen cash flow

Agar bisnis terus berjalan dan berkembang, modal juga harus dikelola dengan baik. Manajemen keuangan yang baik ialah yang berfokus pada penjualan dan bagaimana menerapkan cash flow dengan baik. Bila mendapat laba, sebagian gunakan untuk peningkatan bisnis agar bisa lebih berkembang sehingga pendapatan juga meningkat.

  1. Susun administrasi keuangan dan legalitas usaha

Perkembangan bisnis menuntut pembuatan administrasi keuangan dengan baik sejak awal merintis bisnis agar tidak terjadi masalah nantinya. Jika ada investor yang tertarik berinvestasi pada bisnis Anda atau kerjasama dengan pihak lain jangan lupakan legalitas izin dan pendaftaran merk, logo, paten badan hukum, dan lainnya agar tidak terjadi sengketa hukum atau tersandung masalah bila bisnis makin besar nantinya.

  1. Bermitra sebanyak-banyaknya

Dengan bermitra atau menjalin pertemanan, Anda bisa belajar banyak hal baru yang ilmunya bisa diterapkan pada bisnis atau mungkin ada teman yang memiliki informasi penting mengenai ketersediaan bahan baku produk yang murah dan berkualitas. Karena itu, memupuk pertemanan sama dengan investasi yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.

Sejak awal, mental baja harus sudah dimiliki sebelum berkecimpung dalam dunia bisnis. Apa yang disampaikan di atas bisa dijadikan pedoman dalam menguatkan pondasi bisnis. Jadi, jangan pernah berpikir untuk mundur dan jalankan bisnis dengan baik dan bersungguh-sungguh.

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *