Sistem Informasi dalam Berbagai Bidang
Teknologi Informasi / sistem informasi dalam berbagai bidang
Lakukan Hal Ini Agar Keuangan Anda Tidak Bocor!
Meminimalisir Serangan Sql Injection Pada Aplikasi Khususnya Web Apps

Sistem Informasi dalam Berbagai Bidang

Manfaat Sistem Informasi

Ilustrasi Sistem Informasi © freepik

Sistem Informasi dalam Berbagai Bidang

 

Sistem Informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi. Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Tujuan dari sistem informasi itu sendiri ialah menghasilkan informasi. Data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi para pemakainya. Namun, data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Agar menjadi suatu informasi yang berguna, harus didukung oleh ketepatan sasaran atau relevan (relevance), ketepatan waktu (timeliness), dan ketepatan nilai atau akurat (accurate).

Sistem Informasi dapat dikategorikan dalam empat bagian, yaitu :

  1. Sistem Informasi Manajemen

Sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.

  1. Sistem Pendukung Keputusan

Bagian dari sistem informasi berbasis komputer dan sistem berbasis pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

  1. Sistem Informasi Eksekutif

Salah satu jenis manajemen sistem informasi untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap informasi baik dari dalam maupun luar yang relevan dengan tujuan organisasi.

  1. Sistem Pemrosesan Transaksi

Bagian dari sistem informasi yang merupakan sebuah sistem yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis seperti memasukkan pesanan penjualan, pemesanan hotel, penggajian, pencatatan karyawan, dan pengiriman.

Apakah bisnis Anda sudah menggunakan Sistem Informasi dalam kegiatan opersional?

Sudah saatnya Anda menerapkan Sistem Informasi dalam bisnis. Geekgarden Software House akan membantu Anda membuat software Sistem Informasi sehingga bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *