Cara Elegan Menghadapi Komplain Konsumen
Solusi Bisnis / tips hadapi komplain konsumen
Benarkah Bisnis Zaman Sekarang Harus Punya Website? Buat Apa?
Jurus Jitu Meningkatkan Penjualan Di Era Digital

Cara Elegan Menghadapi Komplain Konsumen

tips hadapi komplain customer

Tips Hadapi Komplain Customer (freepik)

Kepuasan konsumen adalah tujuan dari sebuah bisnis. Dilansir dari kajianpustaka, kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya (Umar, 2005:65). Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama dan bahkan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Oleh karena itu, kepuasan konsumen merupakan prioritas utama dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: Jurus Jitu Meningkatkan Penjualan Di Era Digital

Dalam menjalankan bisnis terkadang Anda mengalami hal yang tidak diinginkan seperti komplain dari konsumen. Konsumen merasa produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Komplain dari konsumen hendaklah ditangani dengan cerdas agar komplain tersebut berubah menjadi kepuasan dan meningkatnya tingkat kepercayaan konsumen.

Lalu bagaimana cara menghadapi komplain konsumen agar konsumen tersebut tetap setia pada produk Anda? Berikut ini tipsnya.

1. Dengarkan keluhannya dan bertanggung jawab

Jika konsumen menyampaikan keluhannya maka jadilah pendengar yang baik. Konsumen akan merasa dihargai jika Anda bersedia menerima keluhannya. Jika memang ada hal yang tidak sesuai dengan janji yang Anda berikan kepada konsumen maka sebaiknya Anda segera meminta maaf dan mengakuinya sebagai kesalahan atau kelalaian dari pihak Anda.

2. Segera memberikan solusi

Solusi adalah hal yang diinginkan oleh konsumen. Berikan solusi terbaik agar konsumen merasa senang. Jika Anda bisa, berikanlah solusi lebih dari apa yang dibayangkan konsumen agar komplain tersebut berubah menjadi pengalaman yang menyenangkan sehingga konsumen akan dengan senang hati menceritakan pengalamannya kepada orang lain dan merekomendasikan produk Anda.

3. Tetap ramah dan profesional

Ketika menghadapi amarah konsumen yang meledak-ledak saat komplain tetaplah bersikap ramah dan terlihat profesional. Jangan sampai Anda ikut terpancing amarah. Sikap Anda yang ramah dan profesional dapat meredam amarah konsumen.

Komplain dari konsumen adalah hal yang wajar. Jika Anda ingin membuat konsumen loyal terhadap bisnis Anda hadapilah komplain konsumen secara profesional. Bukan hal yang mustahil jika komplain yang dikelola dengan profesional akan membuat bisnis Anda bertahan lama.

RELATED POSTS

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *