fbpx

Panduan Lengkap Pemeliharaan Website untuk Pemula

Table of Contents

Memiliki website yang interaktif merupakan hal penting bagi bisnis di era saat ini. Namun, website yang hanya dibuat dan diluncurkan tanpa perawatan berkelanjutan akan mudah tertinggal dan kehilangan fungsinya. Di sinilah peran pemeliharaan website menjadi krusial.

Pemeliharaan website, atau website maintenance, merupakan serangkaian langkah dan proses yang dilakukan untuk memastikan website Anda tetap berfungsi dengan optimal, aman, dan terbarui. 

Hal ini mencakup berbagai aspek, mulai dari manajemen backup, pengelolaan hosting dan domain, pembaruan konten dan desain, hingga pemeliharaan struktur website dan mobile responsiveness.

Panduan lengkap ini akan mengupas tuntas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang pemeliharaan website untuk pemula. Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menjaga website Anda tetap berkinerja prima dan mencapai tujuannya.

Pengenalan Pemeliharaan Website

Maintenance website atau pemeliharaan website adalah proses berkelanjutan untuk menjaga website Anda tetap berfungsi dengan optimal, aman, dan terbarui. Ini juga termasuk dalam melakukan backup rutin, kelola hosting dan domain, update konten dan desain. 

Pentingnya pemeliharaan website tidak bisa diabaikan. Cara terbaik menjaga kesehatan website adalah dengan meningkatkan performa, keamanan dan UI/UX. 

Website yang terawat dengan baik akan lebih cepat dimuat, aman dari serangan malware dan hacker, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Langkah Awal dalam Pemeliharaan Website

Sebelum Anda mulai memelihara website, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang platform yang digunakan. Platform seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan Shopify adalah pilihan umum. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah memilih platform, Anda perlu memahami cara menggunakannya dengan baik. Pelajari cara mengelola konten, plugin, tema, dan pengaturan lainnya melalui tutorial online, dokumentasi resmi, atau pelatihan.

Setiap website memiliki kebutuhan yang berbeda. Sebelum memulai pemeliharaan, identifikasi kebutuhan spesifik situs Anda, seperti jenis website (blog, bisnis, e-commerce), target audiens, dan fitur khusus yang diperlukan. 

Berikut adalah beberapa langkah maintenance website untuk pemula.

1. Pengelolaan Hosting dan Domain

Memilih penyedia hosting yang tepat sangat penting untuk kesuksesan website Anda. Pastikan Anda mempertimbangkan reputasi dan keandalan penyedia hosting, serta fitur yang ditawarkan seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dan keamanan. Selain itu, perhatikan juga harga atau biaya pemeliharaan website yang mereka sediakan.

Domain adalah identitas website Anda di internet, dan penting untuk dikelola dengan baik. Pastikan Anda memperpanjang domain Anda secara tepat waktu agar website tetap dapat diakses. 

Kebutuhan penyimpanan website Anda akan terus bertambah, jadi penting untuk memiliki strategi penyimpanan yang efisien. Anda dapat mengompresi gambar untuk menghemat ruang penyimpanan, menghapus file yang tidak perlu, seperti backup lama dan revisi posting, serta memanfaatkan layanan cloud storage untuk menyimpan file media. 

2. Manajemen Backup

Melakukan backup website adalah sebuah keharusan yang wajib dilakukan. Backup merupakan salinan website secara keseluruhan untuk meminimalisir kehilangan data. Tentu melakukan backup memiliki alasan penting.

Backup membantu menjaga keamanan website Anda. Jika terjadi serangan atau kerusakan data, Anda dapat dengan mudah mengembalikan website ke kondisi terakhir yang dibackup. Selain itu, jika terjadi kesalahan pengguna atau pembaruan gagal, backup memungkinkan Anda untuk mengembalikan website ke versi sebelumnya.

Ada beberapa cara untuk membuat backup secara rutin. Anda dapat menggunakan plugin backup jika menggunakan platform seperti WordPress, atau memanfaatkan fitur backup yang disediakan oleh penyedia hosting.

3. Pembaruan Konten dan Desain

Website yang tidak diperbarui akan mudah ketinggalan zaman dan kehilangan pengunjung. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pembaruan konten dan desain secara teratur.

Konten yang selalu diperbarui memiliki beberapa manfaat penting. Pertama, konten yang segar dapat meningkatkan SEO, membuat website Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Selain itu, konten baru juga dapat menarik dan melibatkan pengunjung, membangun kredibilitas, serta mengikuti tren terbaru.

Selain pembaruan konten, desain website dan pengalaman pengguna juga perlu diperbarui secara berkala. Desain yang ketinggalan zaman dapat membuat website terlihat tidak profesional, sedangkan pengalaman pengguna yang buruk dapat membuat pengunjung kesulitan menggunakan website. 

Dengan memperbarui UI/UX, Anda dapat meningkatkan estetika, usability, aksesibilitas, dan optimasi untuk perangkat mobile, sehingga meningkatkan kesan positif pengunjung terhadap website Anda.

Baca Juga: Pentingnya UI/UX pada Website dan Aplikasi

4. Pemeliharaan Struktur Website

Struktur website yang baik sangat memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi yang mereka cari. Oleh karena itu, melakukan pemeliharaan terhadap struktur website secara teratur sangat diperlukan.

Salah satu aspek penting dalam pemeliharaan struktur website adalah memeriksa tautan yang rusak. Tautan link rusak berdampak negatif pada keberadaan website Anda. 

Struktur navigasi yang rumit dan tidak intuitif bisa membuat pengunjung kesulitan menavigasi website Anda. Pastikan struktur navigasi sederhana, menggunakan label yang jelas, dan membatasi jumlah level dalam navigasi. 

5. Mobile Responsiveness

Hampir semua orang menggunakan smartphone untuk akses internet. sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa website harus  responsif atua mobile friendly.

Mobile friendly, atau responsivitas terhadap perangkat mobile, adalah kemampuan website untuk menyesuaikan tampilan dan fungsinya secara otomatis sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Untuk memastikan bahwa website Anda terlihat baik di semua perangkat, Anda dapat menggunakan tema atau template yang mobile-friendly, menerapkan responsive design, menggunakan media query, dan mengoptimalkan gambar pada website Anda.

Pemilihan Jasa Pembuatan Website Terpercaya

Memiliki website yang handal dan terpelihara dengan baik memerlukan keahlian dan sumber daya yang cukup. Jika Anda atau perusahaan tidak memiliki tim untuk memelihara website, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website terpercaya seperti GeekGarden.

GeekGarden adalah perusahaan software house yang menyediakan layanan pembuatan website berkualitas tinggi. GeekGarden memiliki tim developer berpengalaman yang dapat membantu Anda membangun website yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tim ahli GeekGarden dapat membantu Anda melakukan berbagai tugas pemeliharaan website, seperti backup website secara rutin, pengelolaan hosting dan domain, pembaruan konten dan desain, pemeliharaan struktur website, dan mobile responsiveness.

Dengan menggunakan jasa pembuatan website dan pemeliharaan website dari GeekGarden, Anda dapat memastikan website Anda selalu tampil optimal, aman, dan terpelihara dengan baik. Hal ini akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda melalui website Anda.

Bagikan Artikel Ini:

Picture of GGadmin
GGadmin
Who’s behind the admin or the writers? It’s us, the geeks of technology, who love talking about the newest updates about programming, business, AI, and sharing digital talent.

STAY UPDATED WITH OUR INSIGHTS

Sign-up your email, don’t worry, we will not spam you! We only share anything related to technology & business you needed the most!