fbpx
penjelasan tentang Apa itu devops

Apa itu DevOps? Definisi DevOps dan Penerapannya di Era Digital

Table of Contents

Dunia teknologi yang semakin bergerak cepat menuntut perusahaan untuk bisa beradaptasi dan berinovasi secara efisien. Dalam ranah pengembangan perangkat lunak, kolaborasi yang erat antara tim pengembangan (Dev) dan tim operasi (Ops) menjadi krusial. Inilah yang melatarbelakangi lahirnya DevOps, apa itu DevOps? 

Pengertian DevOps

Secara umum devops adalah sebuah pendekatan yang menyatukan kedua tim Development dan Operation. Pendekatan ini bertujuan untuk mencapai kualitas dan efektivitas pengembangan produk atau aplikasi perangkat lunak. 

DevOps adalah budaya, dan praktik kerja yang bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara tim pengembangan dan tim operasi. Dengan pendekatan ini, kedua tim bekerja secara kolaboratif untuk mengembangkan perangkat lunak dengan kualitas tinggi, serta meningkatkan keandalan dan stabilitas aplikasi.

Melalui DevOps, perusahaan dapat mempercepat identifikasi dan perbaikan masalah, sehingga memastikan aplikasi berjalan lebih lancar dan responsif terhadap kebutuhan pengguna. Kolaborasi yang erat antara tim pengembangan dan operasi memungkinkan penyampaian perangkat lunak yang lebih efisien dan efektif.

Konsep DevOps muncul pada pertengahan tahun 2000-an sebagai respon terhadap pendekatan pengembangan perangkat lunak tradisional yang dianggap terlalu kurang kolaboratif.  Awalnya, DevOps dipelopori oleh para praktisi yang ingin memecah hambatan antara Dev dan Ops.  Seiring berjalannya waktu, DevOps berkembang dan didukung oleh berbagai metodologi, tools, dan implementasi terbaik.

Tujuan Utama DevOps

DevOps memungkinkan tim untuk mengembangkan, menguji, dan menyebarkan perangkat lunak dengan lebih cepat dan lebih sering. Hal ini meningkatkan kemampuan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dan menghadirkan fitur baru kepada pengguna dengan lebih cepat.

Dengan menekankan kolaborasi dan komunikasi antar tim, DevOps berkontribusi pada peningkatan kualitas perangkat lunak. Otomatisasi pengujian membantu memastikan konsistensi dan keandalan aplikasi, sehingga perangkat lunak yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik.

DevOps juga meningkatkan produktivitas tim dengan menghilangkan hambatan dan birokrasi yang sering ada pada pendekatan tradisional. Dengan otomatisasi berbagai tugas, tim pengembangan dan operasi dapat fokus pada pekerjaan yang lebih bernilai tambah, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pengiriman perangkat lunak yang lebih cepat dan berkualitas tinggi.

Setiap perusahaan dituntut untuk dapat berinovasi secara cepat dan berkelanjutan.  DevOps  memberikan beberapa manfaat penting yang  membantu perusahaan mencapai tujuan tersebut.

a. Meningkatkan time-to-market 

Dengan DevOps, perusahaan dapat mengembangkan dan menyebarkan perangkat lunak dengan lebih cepat, sehingga produk baru dapat dipasarkan lebih awal dan perusahaan dapat memenangkan persaingan.

b.Mengurangi biaya pengembangan 

DevOps membantu mengurangi biaya dengan mengurangi jumlah bug dan menyingkat waktu pengembangan. Otomatisasi juga berperan penting dalam mengurangi beban kerja manual.

c.Meningkatkan kepuasan pelanggan 

Pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan produk yang terus ditingkatkan dan memiliki bug yang lebih sedikit.

d.Meningkatkan budaya perusahaan

DevOps menekankan kolaborasi dan komunikasi antar tim, yang pada akhirnya dapat menciptakan budaya perusahaan yang lebih positif dan produktif.

Proses DevOps

Siklus DevOps terdiri dari beberapa tahap penting yang membantu tim pengembangan untuk bekerja secara kolaboratif dan produktif. Tahap pertama adalah perencanaan dan penulisan kode, di mana tim merencanakan fitur baru dan mulai mengembangkan kode perangkat lunak. Tahap berikutnya adalah integrasi dan pengujian berkelanjutan, di mana setiap perubahan kode diuji secara terus menerus untuk memastikan kualitasnya dan memperbaiki bug dengan cepat.

Setelah melewati tahap integrasi dan pengujian, perangkat lunak siap untuk didelegasikan ke lingkungan produksi. Ini merupakan tahap penyebaran di mana perangkat lunak yang sudah diuji secara menyeluruh dapat diimplementasikan dengan lancar. Setelah penyebaran, tahap monitoring dan operasi dimulai. Pada tahap ini, perangkat lunak yang sudah berjalan dipantau secara terus menerus untuk memastikan kinerjanya tetap optimal dan stabil.

Praktik dasar dalam DevOps adalah Continuous Integration (CI) dan Continuous Delivery (CD). CI mengotomatiskan integrasi dan pengujian perubahan kode secara terus menerus, memungkinkan pengembang untuk mengidentifikasi dan memperbaiki bug dengan cepat. 

Sedangkan Continuous Delivery mengotomatiskan proses penyebaran perangkat lunak ke lingkungan produksi, memungkinkan perangkat lunak untuk disebarkan dengan lebih cepat dan lebih sering, meningkatkan kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman. Dengan DevOps, tim pengembangan dapat bekerja lebih efisien dan menghasilkan produk yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.

Implementasi DevOps

Untuk menerapkan konsep dan komponen utama DevOps dalam perusahaan Anda, langkah-langkah tertentu perlu diambil. Pertama, lakukan analisis kebutuhan dan penilaian awal. Ini penting untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam proses pengembangan perangkat lunak yang sudah berjalan, serta menetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan penerapan DevOps. 

Setelah itu, bentuklah tim DevOps yang terdiri dari anggota tim pengembangan dan operasi yang memiliki keterampilan dan pemikiran yang sesuai. Pastikan anggota tim dilatih tentang praktik dan prinsip DevOps.

Selanjutnya, pembuatan rencana dan roadmap implementasi DevOps harus jelas. Rencana ini harus mempertimbangkan kebutuhan organisasi dan sumber daya yang tersedia. Anda dapat membagi roadmap menjadi beberapa tahap, dimulai dengan langkah-langkah dasar seperti pengenalan Continuous Integration atau Continuous Delivery, dan secara bertahap menuju praktik DevOps yang lebih kompleks. Dengan rencana yang terstruktur, implementasi DevOps dapat berjalan lebih lancar dan terarah.

Dalam proses implementasi, penting untuk mengkomunikasikan manfaat dan nilai yang dihasilkan oleh DevOps kepada stakeholder dan anggota tim. Tunjukkan bagaimana DevOps dapat meningkatkan efisiensi, kualitas, dan kecepatan pengembangan perangkat lunak. 

Dengan pendekatan yang persuasif dan komunikasi yang efektif, Anda dapat memperoleh dukungan yang diperlukan untuk keberhasilan penerapan DevOps dalam organisasi Anda.

Tertarik Hire Jasa DevOps?

Di era digital yang kompetitif saat ini,  banyak perusahaan  yang  menggaet  tim  DevOps  atau  menggunakan  layanan  jasa  DevOps  untuk meningkatkan efektifitas perusahaan.  

Jasa DevOps sangat berguna bagi perusahaan dalam beberapa cara. Pertama, tidak semua perusahaan memiliki tim internal yang memiliki pengetahuan dan keahlian DevOps yang cukup. Jadi, dengan menggunakan jasa DevOps, perusahaan dapat mendapatkan bantuan dari konsultan dan praktisi DevOps yang berpengalaman untuk membantu menerapkan DevOps di organisasi mereka.

Kedua, jasa DevOps memungkinkan perusahaan untuk memulai implementasi DevOps dengan cepat dan efektif. Mereka sudah memiliki pengalaman dan praktik terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan bantuan jasa DevOps, perusahaan tidak perlu memulai dari awal dan dapat menghemat waktu dalam proses implementasi.

Terakhir, menggunakan jasa DevOps dapat menghemat biaya dalam jangka panjang. Meskipun ada biaya yang terlibat dalam menggunakan layanan jasa DevOps, hal ini dapat mengatasi biaya lain seperti inefisiensi dalam proses pengembangan dan pengoperasian, serta kebutuhan untuk merekrut dan melatih tim DevOps secara internal. 

Jadi, secara keseluruhan, menggunakan jasa DevOps bisa menjadi pilihan yang hemat biaya bagi perusahaan. GeekGarden memberikan layanan DevOps Solution untuk membantu perkembangan perusahaan.

Jika  Anda  mengetahui apa itu devOps dan tertarik  untuk  mempelajari  lebih  lanjut,  Anda  dapat  mencari  informasi  tambahan  dengan berkonsultasi dengan GeekGarden. Dengan  komitmen  dan  investasi  yang  tepat,  DevOps  dapat  membantu  perusahaan Anda  mencapai  keunggulan  dalam  era  digital  ini.

Bagikan Artikel Ini:

Picture of GGadmin
GGadmin
Who’s behind the admin or the writers? It’s us, the geeks of technology, who love talking about the newest updates about programming, business, AI, and sharing digital talent.

STAY UPDATED WITH OUR INSIGHTS

Sign-up your email, don’t worry, we will not spam you! We only share anything related to technology & business you needed the most!